Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pengembangan Produk Kreatif kelas XI 3 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 untuk semua bidang keahlian SMK
KELAS: XI
Jumlah Jam Pelajaran:   jp (3 jp X __ minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

1.    Memahami, menerapkan, danmenganalisispengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah. 2.    Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, bertindaksecaraefektifdankreatif, danmampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1        Memahami ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.1        Mengolah ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan industri
3.2        Memahami ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan budaya 4.2        Mengolah ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan budaya
3.3        Memahami ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan sosial 4.3        Mengolah ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan sosial
3.4        Memahami ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar 4.4        Mengolah ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar
3.5        Memahami ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pemecahan masalah khusus 4.5        Mengolah ide kreatif untuk mewujudkan produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pemecahan masalah khusus
3.6        menganalisis data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.6        menyeleksi data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan industri
3.7        menganalisis data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan budaya 4.7        menyeleksi data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan budaya
3.8        menganalisis data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan sosial 4.8        menyeleksi data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan sosial
3.9        menganalisis data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar 4.9        menyeleksi data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar
3.10    menganalisis data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pemecahan masalah khusus 4.10    menyeleksi data teknis produk kreatif yang sesuai dengan kebutuhan pemecahan masalah khusus
3.11    Menerapkan metode komunikasi untuk mewujudkan ide kreatif menjadi produk kreatif 4.11    Menyaji metode komunikasi untuk mewujudkan ide kreatif menjadi produk kreatif

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , , , . Tandai permalink.