Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Perjalanan Wisata (C3)
Mata Pelajaran : Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition
Jam Pelajaran : 348 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Menganalisis  informasi produk dan layanan industry MICE 4.1.    Mengakses informasi produk dan layanan industry MICE
3.2    Menganalisis informasi teknologi MICE dan pemanfaatannya 4.2.   Mengakses informasi teknologi MICE dan pemanfaatannya
3.3    Menganalisis sumber daya manusia dan organisasi industry MICE 4.3.    Menyusun rencana pengorganisasian  industry MICE
3.4    Menganalisis kegiatan- kegiatan MICE 4.4.    Mengkategorikan  kegiatan- kegiatan MICE
3.5    Menganalisis tamu atau delegasi yang akan datang 4.5.    Melakukan klasifikasi tamu atau delegasi yang akan datang
3.6    Menganalisis susunan acara MICE 4.6.   Menyusun acara MICE
3.7    Menganalisis persiapan pendaftaran dalam Suatu Acara 4.7.    Melakukan  persiapan pendaftaran dalam Suatu Acara
3.8    Menganalisis penataan tempat pendaftaran 4.8.    Melakukan penataan tempat pendaftaran
3.9    Menganalisis penataan event 4.9.    Melakukan pengecekan penataan event
3.10  Menganalisis pendaftaran dan menyediakan materi 4.10. Melakukan pendaftaran dan menyediakan materi.
3.11  Menganalisis lokasi pameran 4.11. Melakukan pemeriksaan lokasi Pameran
3.12  Menganalisis spesifikasi pameran 4.12. Melakukan klasifikasi pameran
3.13  Menganalisis pemasangan/pelepasan elemen pameran 4.13. Melakukan pemasangan / pelepasan elemen pameran
3.14  Menganalisis staging 4.14. Melakukakan staging
3.15  Menganalisis sumber daya fisik 4.15. Melakukan pengecekan sumber daya fisik
3.16  Mengevaluasi sumber daya untukpemasangan/pembong karan pameran 4.16. Melakukan pengecekan sumber daya untuk pemasangan/pembongkaran pameran
3.17  Menganalisis proposal pameran 4.17. Menyusun proposal pameran
3.18  Menganalisis kegiatan Loading dan Unloading 4.18. Melakukan  kegiatan Loading dan Unloading
3.19  Mengevaluasi laporan kegiatan pameran sederhana berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan 4.19. Melakukan pengecekan laporan  kegiatan pameran sederhana berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
3.20  Menganalisis publikasi 4.20. Melakukakan publikasi

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *