Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII dengan 161 Jam ( 7 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1         Menganalisis SDM Bisnis ritel 3.1      Menyusun SOP bidang dan jenis pekerjaan SDM bisnis ritel
3.2         Menganalisis Shrinkage dalam bisnis ritel 3.2       Menangani shrinkage dalam bisnis ritel
3.3         Menganalisis rancangan tata ruang toko bisnis ritel 3.3       Membuat rancangan tata ruang toko bisnis ritel
3.4         Memahami  stock opname dan macam-macam dokumen stock opname pada bisnis ritel 3.4       Mempraktikkan stock opname dan macam-macam dokumen stock opname bisnis ritel
3.5         Menerapkan prosedur penyusunan laporan stock opname berdasarkan metode perpetual 3.5       Membuat laporan stock opname berdasarkan metode perpetual
3.6         Menerapkan prosedur penyusunan laporan stock opname berdasarkan metode periodical system 3.6       Membuat laporan stock opname berdasarkan metode periodical system
3.7         Menerapkan prosedur penyusunan  laporan stock opname berdasarkan metode average method. 3.7       Membuat laporan stock opname berdasarkan metode average method.
3.8         Memahami  karakteristik dan bentuk penjualan langsung 3.8       Menyajikan karakteristik dan bentuk penjualan langsung.
3.9         Menganalisis  Jenis penjualan langsung 3.9       Menyajikan jenis penjualan langsung
3.10       Memahami  penjualan berasaskan basis data 3.10    Menyajikan penjualan berbasis data

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.