Pengantar Survey Dan Pemetaan Kelas X KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pengantar Survey Dan Pemetaan kelas X 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C2 Paket Keahlian Teknik Geomatika Program Keahlian Teknik Geomatika Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
PENGANTAR SURVEY DAN PEMETAAN
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1        Memahami survei dan pemetaan 4.1        Menginterpretasi  peta hasil survei pemetaan
3.2        Menerapkan peralatan survey dan pemetaan 4.2        Menggunakan peralatan survei pemetaan
3.3        Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) 4.3        Melaksanakan prosedur K3

 

3.4        Menerapkan peralatan sederhana untuk pekerjaan dasar-dasar survei pemetaan 4.4        Menggunakan peralatan sederhana untuk pekerjaan dasar-dasar survei pemetaan
3.5        Menerapkan peralatan ukur jenis optik 4.5        Menggunakan peralatan ukur jenis optik
3.6        Menerapkan pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit) 4.6        Mengoperasikan peralatan sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)

 

3.7        Menerapkan teknik perawatan jenis optik 4.7        Merawat alat jenis optik

 

3.8        Menganalisis alat jenis optik 4.8        Melaksanakan pengecekan alat jenis optik
3.9        Menganalisis data hasil pengecekan pengukuran 4.9                  Melaksanakan pengecekan data hasil pengukuran

Tulisan ini dipublikasikan di 1.2 Teknik Geomatika, 1.2.1 Teknik Geomatika dan tag , , , , . Tandai permalink.