Pengantar Akuntansi KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : Akuntansi C2. Dasar Program Keahlian yaitu: Etika Profesi, Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet, Pengantar Akuntansi. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pengantar Akuntansi Kelas X dengan 9 jp/minggu
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.    Memahami pengertian , tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi 4.1.    Mengelompokkan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi susuai perannya
3.2.    Memahami jenis-jenis  profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi) 4.2.    Mengelompokkan  profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
3.3.    Memahami  jenis dan bentuk badan usaha 4.3.    Mengelompokkan jenis dan bentuk badan usaha
3.4.    Memahami asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi.

 

4.4.     Mengelompokkan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi.
3.5.    Memahami tahapan siklus akuntansi 4.5.    Mengelompokkan tahapan siklus akuntansi
3.6.    Menerapkan persamaan dasar akuntansi 4.6.    Membuat persamaan dasar akuntansi
3.7.    Memahami transaksi bisnis perusahaan 4.7.    Mengelompokkan transaksi bisnis perusahaan
3.8.    Menerapkan dasar pencatatan transaksi bisnis (buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, bentuk-bentuk jurnal) 4.8.    Membuat pencatatan transaksi bisnis (buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, bentuk-bentuk jurnal)

 

3.9.    Menerapkan prosedur posting 4.9.    Melakukan posting
3.10. Menganalisis transaksi-transaksi  jurnal penyesuaian 4.10. Membuat jurnal penyesuaian
3.11. Menganalisis perkiraan-perkiraan yang terkait untuk menyusun laporan keuangan 4.11.  Menyusun laporan keuangan

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, Akuntansi, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.