Pendidikan vokasi harus sesuai dengan kebutuhan

Share

Pendidikan vokasi harus sesuai dengan kebutuhan, sekiranya menjadi pemikiran tersendiri dari Mendikbud Muhadjir effendy. Seperti yang dilaporkan oleh news.okezone.com, “Pendidikan vokasi ini harus ada perinciannya. Keterampilan apa-apa saja yang dibutuhkan,” ungkap Mendikbud, Muhadjir Effendy, Kamis (28/7/2016). Pendidikan vokasi bisa menghasilkan lulusan yang bisa diserap oleh lapangan kerja. Salah satunya dengan menyesuaikan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

muhadjir effendy

muhadjir effendy

Menurut Muhadjir, penerapan vokasi sendiri dilakukan untuk bisa meningkatkan tenaga kerja. “Jadi kita bisa menyiapkan tenaga kerja yang terampil,” ujarnya.

Salah satu keterampilan di bidang kelautan. Maka, ucap dia, beberapa keterampilan yang perlu diadakan pada bidang kelautan itu mulai dari budidaya ikan, konservasi, hasil laut, sampai bisnis kelautan.
Muhadjir menambahkan, jangan sampai pendirian pendidikan vokasi itu dipaksakan. “Ada sekolah vokasi bahasa, padahal tidak ada gurunya. Jangan seperti itu, kita jangan buat pendidikan vokasi yang tidak cocok dengan lapangan kerja. Atau jumlah lulusannya lebih banyak daripada yang terserap kerja,” tukasnya.


Tulisan ini dipublikasikan di info kini dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *