PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Penataan Produk Kelas XII dengan 72 Jam ( 8 JP x 9 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis berbagai jenis fixture yang digunakan pada penataan | 4.1 Menyajikan berbagai jenis fixture yang digunakan pada penataan |
3.2 Menganalisis prinsip-prinsip penataan pada fixture dan fungsinya di setiap departemen | 4.2 Melaksanakan prinsip-prinsip penataan pada fixture dan fungsinya di setiap departemen |
3.3 Menerapkan SOP penataan produk (fashion, food, drink, cosmetik, dsb) | 4.3 Melaksanakan SOP penataan produk (fashion, food, drink, cosmetik, dsb) |
3.4 Menerapkan penataan barang pada setiap jenis fixture pada setiap departemen | 4.4 Melakukan penataan barang pada setiap jenis fixture pada setiap departemen sesuai SOP |
3.5 Menganalisis daftar produk yang akan ditata pada setiap fixture | 4.5 Membuat daftar produk yang akan ditata pada setiap fixture |
3.6 Menganalisis perawatan produk yang didisplay secara berkala | 4.6 Melakukan perawatan produk yang didisplay secara berkala |
3.7 Menganalisis stock floor produk sesuai SOP | 4.7 Membuat laporan stock floor produk sesuai SOP |
3.8 Menganalisis kembali penataan produk sesuai SOP | 4.8 Melakukan kembali penataan produk sesuai SOP |
3.9 Mengevaluasi penataan produk sesuai SOP | 4.9 Mnyajikan kembali penataan produk sesuai SOP |