Penataan Produk Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Penataan Produk Kelas XI dengan 108 Jam ( 6 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Menganalisis teknik dasar , tujuan, syarat dan jenis penataan produk 3.1      Menyajikan  teknik dasar , tujuan, syarat dan jenis penataan produk
3.2  Menganalisis produk yang akan ditata berdasarkan teknik vertikal dan horizontal 3.2      Menyajikan  produk yang akan ditata berdasarkan teknik vertikal dan horizontal
3.3  Menganalisis atribut produk yang akan di tata 3.3      Menyajikan  atribut produk yang akan di tata
3.4  Menerapkan  spesifikasi produk (ukuran, warna, dsb) 3.4      Membuat data spesifikasi produk (ukuran, warna, dsb)
3.5  Menganalisis  Macam dan  karakteristik produk 3.5      Menyajikan  Macam dan  karakteristik produk
3.6  Menerapkan SOP Pelabelan /Barcode Produk 3.6      Melaksanakan SOP Pelabelan /Barcode Produk
3.7  Menerapkan   SOP penataan produk 3.7      Melaksanakan SOP penataan produk
3.8  Menerapkan layout/planogram penataan produk 3.8      Membuat layout/planogram produk
3.9  Menganalisis  elemen  desain dan visual display 3.9      Membuat elemen  desain dan visual penataan (POS.POP, decorasi,tema.dsb.)

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.