Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor kelas XI 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor Program Keahlian Teknik Otomotif Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMK/MAK)
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN: TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK SEPEDA MOTOR
MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR
KELAS : XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.1 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

4.1 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.2 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi pemeliharaan sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian. 4.2 Menunujukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai dengan SOP

 

3.3 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca simbol-simbol sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian. 4.3 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian sepeda motor.
3.4 Menelaah prinsip kerja sistem penerangan 4.4 Merawat berkala sistem penerangan
3.5 Menelaah prinsip kerja sistem instrumen dan  sinyal 4.5 Merawat berkala system instrumen dan sinyal
3.6 Menelaah prinsip kerja sistem starter 4.6 Merawat berkala sistem starter
3.7 Menelaah prinsip kerja sistem pengapian konvensional 4.7 Merawat berkala sistem pengapian konvensional
3.8 Menelaah prinsip kerja sistem pengapian elektronis 4.8 Merawat berkala sistem pengapian elektronis
3.9 Menelaah prinsip kerja sistem pengisian 4.9 Merawat berkala sistem pengisian

 

3.9      Menelaah sistem pengamanan 4.9      Memperbaiki sistem pengamanan

Tulisan ini dipublikasikan di 1.15 Teknik Otomotif, 1.15.2. Teknik Sepeda Motor dan tag , , , , . Tandai permalink.