Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan kelas XII 10 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Program Keahlian Teknik Otomotif Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN SMK/MAK

BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
JUMLAH JAM : 360 JP ( 10 JP X 36 Minggu Efektif)

KELAS: XII
PERBAIKAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
Jumlah Jam Pelajaran : 360 jp ( 10 jp X 36 minggu efektif)

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN)
3.1  Menelaah sistem starter 4.1  Memperbaiki sistem starter
3.2  Menelaah sistem pengisian 4.2  Memperbaiki sistem pengisian
3.3  Menelaah sistem penerangan, tanda dan penghapus kaca 4.3  Memperbaiki sistem penerangan, tanda dan penghapus kaca
3.4  Menelaah sistem pengapian konvensional 4.4  Memperbaiki sistem pengapian konvensional
3.5  Menelaah sistem pengapian elektronis 4.5  Memperbaiki sistem pengapian elektronis
3.6  Menelaah sistem injeksi bensin 4.6  Memperbaiki sistem injeksi bensin
3.7  Menelaah sistem bahan bakar Diesel common rail 4.7  Memperbaiki sistem bahan bakar Diesel common rail
3.8  Menelaah sistem kenyamanan dan pengaman 4.8  Memperbaiki sistem kenyamanan dan pengaman
3.9  Menelaah sistem pendingin ruangan (AC) 4.9  Memperbaiki sistem pendingin ruangan (AC)

Tulisan ini dipublikasikan di 1.15 Teknik Otomotif, 1.15.1. Teknik Kendaraan Ringan dan tag , , , , . Tandai permalink.