Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan kelas XI 7 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Program Keahlian Teknik Otomotif Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN SMK/MAK

BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
JUMLAH JAM : 252 JP ( 7 JP X 36 Minggu Efektif)

KELAS : XI
PERAWATAN BERKALA KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
Jumlah Jam Pelajaran : 252 jp ( 7 jp X 36 minggu efektif)

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN)
3.1 Menerapkan cara kerja sistem penerangan 4.1 Merawat berkala sistem penerangan
3.2 Menerapkan cara kerja sistem tanda 4.2 Merawat berkala sistem tanda
3.3 Menerapkan cara kerja sistem penghapus kaca 4.3 Merawat berkala sistem penghapus kaca
3.4 Menerapkan cara kerja sistem pengapian konvensional 4.4 Merawat berkala sistem pengapian konvensional
3.5 Menerapkan cara kerja sistem pengapian elektronis 4.5 Merawat berkala sistem pengapian elektronis
3.6 Menerapkan cara kerja sistem starter 4.6 Merawat berkala sistem starter
3.7 Menerapkan cara kerja sistem pengisian 4.7 Merawat berkala sistem pengisian
3.8 Menerapkan cara kerja sistem kenyamanan 4.8 Merawat berkala sistem kenyamanan
3.9 Menerapkan cara kerja sistem pengaman 4.9 Merawat berkala sistem pengaman

Tulisan ini dipublikasikan di 1.15 Teknik Otomotif, 1.15.1. Teknik Kendaraan Ringan dan tag , , , , . Tandai permalink.