Pemanduan Perjalanan Wisata KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Pemanduan Perjalanan Wisata KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Perjalanan Wisata (C3)
Mata Pelajaran : Pemanduan Perjalanan Wisata
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Menerapkan tugas pemandu wisata 4.1   Melaksanakan tugas pemandu wisata
3.2    Menyiapkan perangkat pemanduan perjalanan wisata 4.2   Melakukan pemeriksaan perangkat pemanduan perjalanan wisata
3.3    Menganalisis materi pemanduan wisata 4.3   Menyusun materi pemanduan wisata
3.4    Menganalisis program perjalanan wisata 4.4   Melakukan evaluasi program perjalanan wisata
3.5    Menganalisis pemanduan di objek wisata 4.5   Melaksanakan pemanduan di objek wisata
3.6    Menerapkan pemanduan city tour 4.6   Melaksanakan pemanduan City tour
3.7    Menganalisis informasi umum dan khusus yang akan disampaikan kepada wisatawan 4.7   Mempresentasikan informasi umum dan  khusus kepada wisatawan
3.8    Menganalis program perjalanan wisata 4.8   Melaksanakan program perjalanan wisata
3.9    Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan pada saat melakukan perjalanan wisata 4.9   Melakukan  Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada saat melakukan perjalanan wisata
3.10 Menerapkan pemanduan wisata lintas kota 4.10 Melakukan pemanduan wisata lintas kota
3.11 Menerapkan pemanduan wisata overland tour 4.11 Melaksanakan pemanduan wisata overland tour
3.12 Menerapkan Transfer In dari tempat kedatangan (bandara, stasiun, pelabuhan) ke hotel 4.12 Melakukan Transfer In dari tempat kedatangan ( bandara, stasiun, pelabuhan ) ke hotel
3.13 Menerapkan transfer out dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan. 4.13 Melakukan transfer out pengantaran wisatawan dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan.
3.14 Menerapkan pemanduan wisata individu 4.14 Melakukan pemanduan wisata individu
3.15 Menerapkan pemanduan wisata rombongan (tour leader GIT) 4.15 Melakukan pemanduan wisata rombongan  (GIT)
3.16 Menerapkan pemanduan wisata minat khusus 4.16 Melakukan pemanduan wisata minat khusus
3.17 Menganalisis penanganan keadaan darurat pada saat melakukan perjalanan wisata 4.17 Melakukan penanganan keadaan darurat pada saat melakukan perjalanan wisata
3.18 Mengevaluasi laporan pemanduan wisata 4.18 Membuat laporan pemanduan wisata

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *