Paket keahlian (Jurusan) Pemasaran

Share

Bidang keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program keahlian: Tata Niaga
Paket keahlian: Pemasaran

Kompetensi Keahlian Pemasaran merupakan kompetensi keahlian yang menyiapkan tenaga pelaksana yang profesional di bidang bisnis (dunia usaha), mengembangkan sikap kewirausahaan, serta menjadikan warga negara yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif. Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran secara umum mengacu pada isi undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Pemasaran SMK Negeri 1 Metro memiliki Alfamart-Class yang dibina langsung oleh perusahaan retail Alfamart. Lulusan alfamart-class ini akan dapat diterima sebagai tenaga karyawan Alfamart nantinya. SMKN 1 Kota Metro tersebut merupakan sekolah kejuruan ke-32 yang dipilih untuk mengaplikasikan program Alfamart Class. Hingga kini Alfamart Class telah dikembangkan di 32 SMK di Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Makassar, Manado, Medan, Cilegon, Semarang, Madiun, Malang, Bali, Cirebon, Pekanbaru, Bogor, Magelang, dan Metro. Alfamart Class merupakan program sosial dari Alfamart yang bentuknya adalah pendidikan ritel bagi siswa-siswa SMK jurusan pemasaran guna mempersiapkan tenaga kerja siap pakai di bidang ritel. Di samping memberikan kurikulum ritel, Alfamart juga menyediakan Business Center yang akan dijadikan sebagai laboratorium ritel bagi siswa. Ada 32 siswa jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Metro yang terpilih dan tersaring untuk mengikuti pelajaran ritel tersebut dari total 430 siswa jurusan Pemasaran.

Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Jabatan dan Lingkup Pekerjaan :
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Pemasaran antara lain :
Jabatan dan Lingkup Pekerjaan:
• Pramuniaga
• Tenaga Pemasaran.
• Tenaga Pembelian.
• Pengelola gudang.
• Kasir.
• Tenaga administrasi penjualan dan pembelian.
• Distributor
• Bidang Marketing

Struktur kurikulum Pemasaran bisa didownload dilink berikut ini


Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Paket keahlian (Jurusan) Pemasaran

  1. terima kasih atas bantuannya karena sudah memposting Struktur Kurikulum K-13, untuk materi Perencanaan Bisnis (C2) apakah sudah ada…. mohon bantuannya…
    alamat saya slankerswgp@gamil.com mohon bantuannya..

  2. semangat terus untuk berbagi artikelnya. Kami tunggu untuk karya anda selanjutnya.

  3. sugiman berkata:

    mas-mas bro gak iso komentar … takon wae …. apa ada silabus semua jurusan ?

  4. muh faqih berkata:

    terima kasih atas bantuannya karena sudah memposting Struktur Kurikulum K-13, untuk materi Komunikasi Bisnis dan Marketing (C2) kelas X apakah sudah ada…. mohon bantuannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *