Paket keahlian (Jurusan) Akomodasi Perhotelan

Share

Bidang keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program keahlian: Pariwisata
Paket keahlian: Akomodasi Perhotelan
Download : struktur kurikulum Akomodasi perhotelan

Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi.

Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan akomodasi seperti, hotel (kualifikasi melati maupun bintang), apartemen dan sarana akomodasi lainnya baik yang dikelola secara individu maupun yang dikelola dengan manajemen berjaringan.

Dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016 adal beberapa perubahan yaitu:
1. Nama Mata Pelajaran : Pengantar Tata Graha menjadi Tata Graha, Kata pengantar tidak relevan untuk digunakan pada tingkat SMK

2. Jumlah Jam Pelajaran :
Pengurangan jumlah jam dari mata pelajaran Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja kelas X dari 6 jam menjadi 4 jam karena materi yang disampaikan tidak terlalu banyak; Penambahan jumlah jam pada mata pelajaran Tata Graha kelas X dari 6 jam menjadi 8 jam karena materi yang disampaikan merupakan kompetensi dasar yang akan dipelajari pada tingkat XI dan XII

edotel SMK Negeri 1 MetroSMK Negeri 1 Metro dalam jurusan Akomodasi Perhotelannya memiliki tenaga guru yang berpengalaman serta fasilitas memadai untuk melatih siswa-siswinya menjadi tenaga-tenaga hotel yang berkualitas dan memiliki etos kerja yang tinggi. Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 juga memiliki jalinan kerjasama dengan hotel-hotel berbintang seperti: Hotel Alila Jakarta, Hotel Red Top Jakarta, Hotel Sheraton Lampung, Hotel Bukit Randu Lampung, Fave Hotel Jakarta, MeliĆ” Bali The Garden Villas, serta masih banyak lagi.

Untuk membangun kualitas peserta didik SMK Negeri 1 memiliki Edotel SMK Negeri 1 Metro sebagai sarana dan tempat melatih siswa dimana Edotel juga dikomersilkan untuk umum. Dengan demikian maka siswa akan mampu melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter; melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.

Lapangan Pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan antara lain : Pekerjaan di Lingkup Housekeeping Hotel; Pekerjaan di Lingkup Front Office Hotel; Usaha Pelayanan Laundry; Usaha Pelayanan Cleaning Service; Telepon Operator / Receptionist di kantor;
Publict Relations

beberapa guru, siswa dan alumni edotel

beberapa guru, siswa dan alumni edotel


Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Paket keahlian (Jurusan) Akomodasi Perhotelan

  1. IRFAN berkata:

    mohon bantuannya rpp IPA TERAPAN K-13 edisi revisi 2016

  2. senang sekali dapat menemukan sekaligus membaca artikel anda. Ini sangat membantu. Selalu semangat untuk share karya anda. Sukses !

  3. dalci missa berkata:

    mohon bantuannya untuk perangkat mengajar komunikasi industri perhotelan revisi 2016

  4. elfis berkata:

    mohon rpp dan modul c1,c2 ,c3 perhotelan 081288320001

  5. fauzan berkata:

    Mohon bantuan untuk perangkat mengajar mapel komunikasi industri perhotelan

  6. era jaya pratama berkata:

    mohon bantuan rpp sanitasi hygiene kelas X
    k13 versi 2017 dan silabus

  7. Johana berkata:

    Mohon bantuan untuk perangkat mengajar mapel komunikasi industri perhotelan

  8. Mahdalena berkata:

    Mohon bantuan silabus dan rpp administrasi umun jurusan perhotelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *