Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami ruang lingkup administrasi sarana prasarana kantor 4.1    Melakukan pengelompokkan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
3.2     Memahami regulasi sarana prasarana kantor 4.2    Melakukan klasifikasi regulasi sarana prasarana kantor
3.3    Menerapkan K3 perkantoran 4.3     Melaksanakan K3 perkantoran
3.4     Menganalisis peralatan atau perlengkapan kantor (office supplies) 4.4     Memilih peralatan atau perlengkapan kantor (office supplies)
3.5     Menerapkan penggunaan mesin-mesin kantor (office machine) 4.5     Menggunakan mesin-mesin kantor (office machine)
3.6     Menerapkan penggunaan mesin komunikasi kantor (office communication) 4.6     Menggunakan mesin komunikasi kantor (office communication)
3.7    Menganalisis perabot kantor (office furniture) 4.7    Memilih perabot kantor (office furniture)
3.8     Menerapkan penataan interior kantor (office arrangement) 4.8    Menata interior kantor (office arrangement)
3.9    Menganalisis tata ruang kantor (office layout) 4.9     Mendesain tata ruang kantor (office layout)
3.10  Menganalisis perencanaan kebutuhan sarana prasarana kantor 4.10  Membuat perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana
3.11  Menerapkan pengadaan sarana dan prasarana 4.11  Melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana
3.12  Menerapkan penerimaan, penyimpanan, dan penyaluran sarana dan prasarana 4.12  Melakukan kegiatan penerimaan, penyimpanan dan penyaluran sarana dan prasarana
3.13  Menerapkan inventarisasi sarana dan prasarana 4.13  Melakukan kegiatan inventarisasi sarana dan prasarana
3.14  Menerapkan pemanfaatan sarana dan prasarana 4.14  Melaksanakan kegiatan pemanfaatan  sarana dan prasarana
3.15  Menerapkan pengamanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana 4.15  Melakukan  kegiatan pengamanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana
3.16  Menerapkan penghapusan sarana dan prasarana 4.16  Melaksanakan penghapusan sarana dan prasarana
3.17  Menerapkan penyimpanan dokumen administrasi sarana dan prasarana 4.17  Melaksanakan penyimpanan dokumen administrasi sarana dan prasarana
3.18  Mengevaluasi administrasi sarana dan prasarana 4.18  Membuat laporan hasil evaluasi administrasi sarana dan prasarana

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *