Otomatisasi Tata Kelola Keuangan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Otomatisasi Tata Kelola Keuangan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami ruang lingkup administrasi keuangan 4.1    Melakukan pengelompokkan ruang lingkup administrasi keuangan
3.2    Memahami kebijakan pengelolaan keuangan 4.2    Melakukan pengelompokkan kebijakan pengelolaan keuangan
3.3    Menerapkan penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja 4.3    Menyusun Anggaran Pendapatan Dan Belanja
3.4    Menerapkan penerimaan anggaran 4.4    Melakukan penerimaan anggaran
3.5    Menerapkan penggunaan anggaran 4.5    Melaksanakan penggunaan anggaran
3.6    Menerapkan pemdokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran 4.6    Mendokumentasikan bukti-bukti penggunaan anggaran
3.7    Menerapkan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan 4.7    Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan
3.8    Menerapkan pengoperasian aplikasi keuangan 4.8    Mengoperasikan aplikasi keuangan
3.9    Mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan 4.9    Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administasi keuangan
3.10  Memahami ruang lingkup dana kas kecil 4.10  Mengelompokkan ruang lingkup dana kas kecil
3.11  Menerapkan persiapan pengelolaan kas kecil 4.11  Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
3.12  Menerapkan prosedur pengelolaan kas kecil 4.12  Mengelola kas kecil Mengelola susah diukur, karena mulai perencanaan, pelaksaan dan evaluasi
3.13  Menerapkan pelaporan aktivitas kas kecil 4.13  Melaporkan aktivitas kas kecil
3.14  Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil metode imprest 4.14  Membuat laporan  dana kas kecil metode imprest
3.15  Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil metode fluktuasi 4.15  Membuat laporan  dana kas kecil metode fluktuasi
3.16  Menerapkan pengoperasian aplikasi dana kas kecil 4.16  Mengoperasikan aplikasi dana kas kecil
3.17  Menerapkan penyimpanan dokumen  pengelolaan dana kas kecil 4.17  Melakukan penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
3.18  Mengevaluasi pengelolaan dana kas kecil 4.18  Membuat laporan hasil evaluasi pengelolaan dana kas kecil

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

2 Responses to Otomatisasi Tata Kelola Keuangan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

  1. Amsar Sampetoding berkata:

    Boleh di share ya materinya

  2. adindar berkata:

    Kalo ada modulnya, saya mau dong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *