Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Jam Pelajaran : 454 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami administrasi kepegawaian 4.1.   Melakukan pengelompokkan administrasi kepegawaian
3.2     Memahami regulasi kepegawaian 4.2.   Melakukan klasifikasi regulasi kepegawaian
3.3     Memahami sistem administrasi kepegawaian 4.3.   Melakukan pengelompokkan sistem administrasi kepegawaian
3.4.    Menerapkan perencanaan kebutuhan pegawai 4.4.   Menyusun perencanaan kebutuhan pegawai
3.5.    Menerapkan prosedur pengadaan pegawai 4.5.   Melakukan pengadaan pegawai
3.6.    Menerapkan sumpah/janji pegawai 4.6.   Melaksanakan kegiatan sumpah/janji pegawai
3.7.   Menerapkan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai 4.7.   Menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK) pegawai
3.8.    Menerapkan perencanaan karir pegawai 4.8.   Menyusun rencana karir pegawai
3.9.    Mengevaluasi penilaian kinerja pegawai 4.9.   Melakukan rencana tindak lanjut hasil penilaian kinerja pegawai
3.10. Menerapkan penggajian dan tunjangan pegawai 4.10. Menyusun daftar penggajian dan tunjangan pegawai
3.11. Memahami penghargaan pegawai 4.11. Melakukan pengelompokan penghargaan pegawai
3.12. Menerapkan disiplin pegawai 4.12. Melaksanakan disiplin pegawai
3.13. Memahami peraturan perkawinan pegawai 4.13. Melaksanakan pengelompokkan peraturan perkawinan pegawai
3.14. Menerapkan pemberhentian pegawai 4.14. Melakukan pemberhentian pegawai
3.15. Memahami kesejahteraan pegawai 4.15. Melakukan klasifikasi kesejahteraan pegawai
3.16. Menerapkan cuti pegawai 4.16. Melaksanakan pemberian cuti pegawai
3.17. Menerapkan dokumen pensiun pegawai 4.17. Menyiapkan dokumen pensiun pegawai
3.18. Menerapkan penyimpanan dokumen kepegawaian 4.18. Melakukan penyimpanan dokumen kepegawaian
3.19. Mengevaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian 4.19. Membuat laporan hasil evaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

1 Response to Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

  1. Sunani berkata:

    Ass. untuk admin…bisakah sy mnta untuk dikirimi contoh RPP otomatisasi tata kelola keuangan kelas 11 K13 revisi 2017?? Kami butuh sekali nih… SMK Al-Muhtadin depok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *