Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami ruang lingkup Kehumasan 4.1    Melakukan pengelompokkan ruang lingkup kehumasan
3.2     Memahami regulasi bidang kehumasan 4.2    Melaksanakan regulasi bidang kehumasan
3.3    Memahami khalayak humas 4.3    Melakukan pengelompokan khalayak humas
3.4    Menerapkan profesi humas 4.4    Melaksanakan etika dan kode etik profesi humas
3.5    Menerapkan pelayanan prima kepada pelanggan 4.5    Melaksanakan pelayanan prima kepada pelanggan
3.6    Menerapkan komunikasi efektif kehumasan 4.6    Melakukan komunikasi efektif kehumasan
3.7    Menerapkan penyusunan pesan bidang kehumasan 4.7    Menyusun pesan bidang kehumasan
3.8    Menganalisis  media komunikasi humas 4.8    Memilih media komunikasi humas
3.9    Menerapkan pembuatan profil organisasi 4.9    Membuat profil organisasi
3.10  Menerapkan perencanaan program kehumasan 4.10  Menyusun rencana program kehumasan
3.11  Memahami ruang lingkup keprotokolan 4.11  Melakukan pengelompokkan ruang lingkup keprotokolan
3.12  Memahami regulasi bidang keprotokolan 4.12  Melakukan pengelompokkan regulasi bidang keprotokolan
3.13  Menerapkan kegiatan keprotokolan 4.13  Melaksanakan kegiatan keprotokolan
3.14  Menerapkan persiapan penyelenggaraan pertemuan/rapat 4.14  Melakukan persiapan penyelenggaraan pertemuan/rapat
3.15  Menerapkan penyelenggaraan pertemuan/rapat 4.15  Menyelenggarakan pertemuan/rapat
3.16  Menerapkan notula pertemuan/rapat 4.16  Membuat notula pertemuan/rapat
3.17  Menerapkan pembuatan susunan acara kegiatan 4.17  Membuat susunan acara kegiatan
3.18  Menerapkan pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC 4.18  Melaksanakan kegiatan pembawa acara/MC
3.19  Menerapkan penyusunan perjalanan dinas (itinerary) 4.19  Menyusun daftar perjalanan dinas (itinerary)
3.20  Menerapkan penyimpanan dokumen administrasi humas dan keprotokolan 4.20  Melaksanakan penyimpanan dokumen administrasi humas dan keprotokolan
3.21  Mengevaluasi kegiatan administrasi humas dan keprotokolan 4.21  Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administrasi humas dan keprotokolan

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *