Menyusun RPP Proses dan Format kurikulum 2013 Edisi 2016

Share

RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau secara bersama-sama melalui musyawarah guru MATA pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah tertentu semestinya harus difasilitasi dan disupervisi kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Pengembangan RPP melalui MGMP antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Pengembangan RPP dianjurkan untuk dikembangkan/disusun di setiap awal semester atau awal tahun pelajaran. Hal ini ditujukan agar agar RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan proses penyusunan/pembuatan/ atau pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompokdi MGMP .

Berikut ini penjelasan dan langkah-langkah dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 edisi revisi 2016

PERANCANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A. Konsep
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
2. Penyusunan RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
3. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru.
B. Deskripsi
1. Komponen dan Sistematika RPP
Mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.
Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.
Komponen RPP untuk SMK secara operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah               : ……………………………………………………………………

Mata Pelajaran     : ……………………………………………………………………

Kelas/Semester    : ……………………………………………………………………

Alokasi Waktu      : ……………………………………………………………………

A.  Kompetensi Inti

1.  Pengetahuan

2.  Keterampilan

B.  Kompetensi Dasar

1.  KD pada KI pengetahuan

2.  KD pada KI keterampilan

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

1.  Indikator KD pada KI pengetahuan

2.  Indikator KD pada KI keterampilan

D.  Tujuan Pembelajaran

E.  Materi Pembelajaran

(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)

F.  Pendekatan, Model dan Metode

G.  Kegiatan Pembelajaran

1.  Pertemuan Kesatu:*)

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)

b.  Kegiatan Inti (… menit)

c.   Penutup (… menit)

2.  Pertemuan Kedua:*)

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)

b.  Kegiatan Inti (… menit)

c.   Penutup (… menit),

dan pertemuan seterusnya.

H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.  Instrumen dan Teknik Penilaian

2.  Analisis Hasil Penilaian

3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

 

I.   Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.  Media

2.  Alat

3.  Bahan

4.  Sumber Belajar

 

Mengetahui

Kepala …………………………..

 

NIP

______________, _________

Guru Mata Pelajaran,

 

NIP

2. Langkah-langkah Penyusunan RPP
RPP disusun melalui langkah-langkah berikut;
a. Analisis Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar (KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang di setiap pasangan kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program semester pada mata pelajaran Simulasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Semester/ Jam Pelajaran
KD 3.2

menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.

 

 

KD 4.2

menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.

1.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring asinkron

2.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring sinkron

6
KD 3.1

 

KD 4.1

4
KD 3.3

 

KD 4.3

8
Jumlah JP/KD per semester 18

Berdasarkan Tabel diatas, guru membuat Analisis Program Semester berdasarkan dokumen silabus.
b. Mengembangkan RPP dengan menggunakan format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.

No. Komponen Keterangan
1. a.   Identitas Sekolah

b.   Mata Pelajaran

 

c.   Kelas/Semester

a.  Diisi nama satuan pendidikan.

b.  Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum.

c.  Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.

2. Alokasi waktu Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.
3. Kompetensi Inti Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.
4. Kompetensi Dasar a.  KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor  60 Tahun 2014 tentang Strutur Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor 1769/D 3.3/KEP/KP/2014 tentang Silabus Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK.

b.  Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.

5. Indikator Pencapaian Kompetensi Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD

Contoh IPK KD Pengetahuan

3.2   Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi

 

Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:

3.2.1    Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;

3.2.2    Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;

3.3.3    Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;

3.3.4    Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan

Contoh IPK KD Keterampilan

4.2 .  Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..

Berdasarkan KD 4.8 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi (minimal kelas X).

Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:

4.2.1   Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.

4.2.2   Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas

6. Tujuan Pembelajaran Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:

1.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.

2.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.

3.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.

4.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.

 

 

5.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.

6.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.

7.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.

7. Materi Pembelajaran Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran

Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:

1.   Pengertian komunikasi daring online

2.   Simbol pada digital daring online

3.   Jenis komunikasi daring online

4.   Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online

5.   Cara melakukan komunikasi daring online

Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.

8. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik).
9. Kegiatan Pembelajaran a.   Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.

b.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:

1)   Kegiatan Pendahuluan

Pada kegiatan pendahuluan guru:

·   Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.

·   Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.

 

 

·   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.

·   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

·   Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2)   Kegiatan Inti

·   Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan saintifik (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).

·   Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.

Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan saintifik (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.

3)   Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup meliputi antara lain:

·   membuat rangkuman/simpulan pelajaran.

·   refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

·   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).

·   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

10. Penilaian a. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi 4).

Contoh:

KD Teknik Penilaian Instrumen
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring  

1.  Tes Tertulis

2.  Penugas an

 

1.  Soal tes tertulis

2.  Lembar tugas dan Lembar penilaian tugas

KD 4.2

Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..

 

1.  Tes praktik/ unjuk kerja

 

1.   Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja

b. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.

11. Media, Alat, dan Sumber Belajar Diisi dengan:

a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.

b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.

c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.

Contoh:

KD Media, Alat , Bahan, dan Sumber Belajar
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring

 

 

 

 

 

KD 4.2

Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..

Media:

N focus/LCD

 

Alat, bahan:

Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet

 

Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain

 

 

 


Tulisan ini dipublikasikan di Paradigma dan tag . Tandai permalink.