Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak kelas XI 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Geomatika Program Keahlian Teknik Geomatika Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami kebutuhan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menggunakan perangkat  lunak 4.1   Melaksanakan kebutuhan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menggunakan perangkat  lunak
3.2   Memahami cara membuka perangkat lunak untuk menggambar teknik 4.2   Mengaplikasikann cara membuka perangkat lunak untuk menggambar teknik
3.3   Memahami perintah dasar gambar  yang terdapat pada perangkat lunak 4.3   Menggunakan perintah dasar gambar  sesuai prosedur yang efektif untuk menggambar dengan perangkat lunak
3.4   Memahami perintah modifikasi gambar dengan perangat lunak sesuai prosedur 4.4   Memodifikasi gambar  dengan perangkat lunak secara efektif
3.5   Memahami fasilitas pendukung gambar pada perangkat lunak 4.5   Menggunakan fasilitas pendukung gambar  pada perangkat lunak untuk menggambar secara efektif
3.6   Memahami program Autodesk Land Dekstop 4.6   Membuka program Autodesk Land Dekstop
3.7   Memahami proses penggambaran menggunakan Autodesk Land Dekstop 4.7   Menggambar menggunakan Autodesk Land Dekstop

 

3.8   Memahami proses penggambaran kontur menggunakan Autodesk Land Dekstop 4.8   Menggambar kontur menggunakan Autodesk Land Dekstop
3.9   Memahami  prosedur mencetak  dengan perangkat lunak 4.9  Mencetak  hasil gambar dengan perangkat lunak

Tulisan ini dipublikasikan di 1.2 Teknik Geomatika, 1.2.1 Teknik Geomatika dan tag , , , , . Tandai permalink.