Marketing KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C2 Dasar Program Keahlian yaitu: Marketing, Perencanaan Bisnis, Pemasaran Online. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Marketing Kelas X dengan 108 Jam ( 6 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1   Menganalisis  ruang lingkup  pemasaran 4.1   Menyajikan  ruang lingkup  pemasaran
3.2   Memahami tujuan dan konsep pemasaran 4.2   Mengkomunikasikan tujuan dan konsep pemasaran
3.3   Memahami  ruang lingkup,  dan tujuan Analisa Pasar 4.3   Mengkomunikasikan ruang lingkup dan tujuan analisa pasar
3.4   Menganalisis  jenis-jenis Pasar 4.4   Membuat laporan tentang jenis pasar  berdasarkan analisa pasar
3.5   Menerapkan  Langkah-langkah analisa pasar 4.5   Melaksanakan langkah-langkah analisa pasar
3.6   Menerapkan kegiatan analisa pasar 4.6   Menyusun rencana analisa pasar
3.7   Menganalisis Teknik dan Strategi Pemasaran 4.7   Melaksanakan teknik dan strategi pemasaran
3.8   Menerapkan  Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) 4.8   Melaksanakan strategi bauran pemasaran (Marketing MIX)
3.9   Menerapkan pendeferensiasian dan memposisikan produk dan merk 4.9   Menyajikan pendeferensiasian dan memposisikan produk dan merk
3.10   Menganalisis pengembangan dan inovasi produk baru 4.10   Membuat rencana pengembangan dan inovasi produk baru.

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.