Laundry KI dan KD Perhotelan

Share

Laundry KI dan KD Perhotelan

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Perhotelan (C3)
Mata Pelajaran : Laundry
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.     Menerapkan  laundry section 4.1    Melakukan pekerjaan laundry section
3.2.     Menerapkan peralatan  dan perlengkapan manual laundry 4.2    Menunjukkan jenis peralatan dan perlengkapan manual laundry
3.3.     Menerapkan jenis peralatan dan perlengkapan makinal laundry 4.3    Menunjukkan peralatan  dan perlengkapan makinal laundry
3.4.     Menganalisis  karakteristik bahan pembersih laundry 4.4    Menunjukkan karakteristik bahan pembersih laundry
3.5.     Menganalisis pakaian tamu, linen dan uniform 4.5    Mengidentifikasi pakaian tamu, linen dan uniform
3.6.     Menerapkan pencucian pakaian tamu 4.6    Melaksanakan  pencucian pakaian tamu
3.7.     Menerapkan pencucian uniform hotel 4.7    Melaksanakan  pencucian uniform hotel
3.8.     Menerapkan pencucian linen hotel 4.8    Melaksanakan  pencucian linen hotel
3.9.     Menerapkan penyetrikaan pakaian tamu 4.9    Melakukan penyetrikaan pakaian tamu
3.10.   Menerapkan penyetrikaan uniform hotel 4.10  Melakukan penyetrikaan uniform hotel
3.11.   Menerapkan penyetrikaan linen hotel 4.11  Melakukan penyetrikaan linen hotel
3.12.   Menerapkan dry cleaning 4.12  Melakukan pencucian dry cleaning
3.13.   Menganalisis kerusakan pada cucian 4.13  Menangani kerusakan pada cucian
3.14.   Menerapkan penghilangan noda pada pakaian tamu, linen dan uniform 4.14  Melakukan penghilangan noda pada pakaian tamu, linen dan uniform
3.15.   Menerapkan pengemasan dan penyimpanan 4.15  Melakukan pengemasan dan menyimpan
3.16.   Menerapkan pelayanan valet laundry 4.16  Melaksanakan pelayanan valet laundry
3.17.   Menerapkan biaya pencucian 4.17  Membuat tagihan biaya pencucian
3.18.   Menganalisis laporan laundry 4.18  Membuat laporan laundry

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *