Kontrol Elektropneumatik – Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Kontrol Elektropneumatik – Pengembangan Produk Kreatif kelas XII 3 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Kontrol Elektropneumatik – Pengembangan Produk Kreatif Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN PERBAIKAN DASAR PERALATAN LISTRIK

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN KONTROL ELEKTROPNEUMATIK (Pengembangan Produk Kreatif)
KELAS XII
Spiritua :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam melaksanakan pekerjaan di bidang kontrol elektropnumatik
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam melaksanakan pekerjaan di bidang kontrol elektropnumatik

Sosial :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam dalam melaksanakan pekerjaan di bidang kontrol elektropnumatik.
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikirdalam melakukan tugas di bidang kontrol elektropnumatik.
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan pekerjaan di bidangkontrol elektropnumatik.

Pengetahuan :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

Ketrampilan :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

PENGETAHUAN KETRAMPILAN
3.1.       Menentukan tekanan udara untuk keperluan kontrol elektropnumatik

3.2.       Menganalisis kondisi operasi dan spesifikasi elemen masukan

3.3.       Menganalisis kondisi operasi dan spesifikasi katub pengarah pnumatic

3.4.       Menganalisis kondisi operasi dan spesifikasi aktuator pneumatic

3.5.       Menganalisis sistem kontrol pnumatik

3.6.       Menafsirkan gambar kerja sistem kontrol pnumatik

3.7.       Menganalisis kondisi operasi dan spesifikasi elemen masukan sistem kontrol elektropnumatik

3.8.       Menganalisis  jenis katub pengarah sistem kontrol elektropnumatic

3.9.       Memahami cara pengoperasian sistem kontrol elektropneumatic

4.1.       Menyiapkan besarnya tekanan udara untuk keperluan kontrol elektropnumatik

4.2.       Menyiapkan kondsi operasi dan memilih komponen elemen masukan

4.3.        Menyiapkan kondisi operasi dab memilih komponen katub pengarah pneumatik

4.4.       Menyiapkan kondisi operasi dan memilih komponen aktuator pneumatik

4.5.       Menyiapkan sistem kontrol pneumatic

 

4.6.       Membuat gambar kerja sistem kontrol pnumatik

4.7.        Memeriksa kondisi operasi dan spesifikasi  elemen masukan sistem kontrol elektropnumatik

4.8.        Memeriksa jenis katub pengarah sistem kontrol elektropnumatic

4.9.        Mengoperasikan sistem kontrol elektropnumatik


Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan tag , , , , . Tandai permalink.