Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XIII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XIII 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
C2.  Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik; Teknik Pengukuran Tanah; Gambar Teknik;Dasar-dasar Konstruksi

C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar (XI, XII, XIII), Konstruksi Jalan dan Jembatan (XI, XII, XIII), Konstruksi Gedung (XI, XII, XIII), Interior Gedung (XI, XII, XIII), Rencana Anggaran Biaya (XI, XII, XIII), Pengembangan Produk Kreatif (XI, XII, XIII)
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknologi Konstruksi dan Properti
Paket Keahlian : Teknik Gambar Sipil Arsitektur
Mata Pelajaran : Konstruksi Jalan dan Jembatan
Kelas : XIII
Jumlah Jam : 8 Jam Pelajaran / minggu
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI (KELAS XII) KOMPETENSI DASAR
KI-1

Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

1.1      Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan

1.2      Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan

KI-2

Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

2.2      Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari

2.3      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

KI-3

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

3.1    Menganalisa  data topografi dan prinsip fluida pada penentuan elevasi  bangunan air

3.2    Menerapkan prinsip mekanika teknik dan kondisi tanah pada gambar bendungan

3.3    Menganalisa spesifikasi teknis  saluran irigasi berdasarkan fungsinya

3.4    Menganalisa  data topografi dan ketentuan teknis sebagai dasar perencanaan jalan dan jembatan

3.5    Menerapkan alinyemen horisontal dan vertical jalan raya

3.6    Menerapkan bagian-bagian struktur jembatan berdasarkan spesifikasi teknis

3.7    Menerapkan dasar-dasar manajemen bidang konstruksi pada tugas membuat gambar kerja

3.8    Menerapkan dasar-dasar rencana anggaran biaya bidang konstruksi pada tugas perencanaan

KI-4

Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1   Mengevaluasi  data topografi dan prinsip fluida pada penentuan elevasi  bangunan air

4.2    Menerapkan prinsip mekanika teknik dan kondisi tanah pada gambar bendungan

4.3    Menganalisa spesifikasi teknis  saluran irigasi berdasarkan fungsinya

4.4    Mengevaluasi  data topografi dan ketentuan teknis sebagai dasar perencanaan jalan dan jembatan

4.5    Mengevaluasi alinyemen horisontal dan vertical jalan raya

4.6    Mengevaluasi bagian-bagian struktur jembatan berdasarkan spesifikasi teknis

4.7    Mengevaluasi dasar-dasar manajemen bidang konstruksi pada tugas membuat gambar kerja

4.8  Mengevaluasi dasar-dasar rencana anggaran biaya bidang konstruksi pada tugas perencanaan


Tulisan ini dipublikasikan di 1.1.1 Teknik Gambar Sipil Arsitektur dan tag , , , , . Tandai permalink.