Komunikasi Industri Perhotelan KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C2. Dasar Program yaitu: Keahlian Komunikasi Industri Perhotelan, Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja dan Tata Graha. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) KOMUNIKASI INDUSTRI PERHOTELAN pada kelas X dengan 180 jp (5 jp X 36 minggu efektif).

Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami ruang lingkup industri perhotelan  4.1 Mempresentasikan ruang lingkup industri perhotelan
3.2  Memahami bagan struktur organisasi hotel kecil  4.2 Mempresentasikan bagan struktur organisasi hotel kecil
3.3  Memahami bagan struktur organisasi hotel menengah  4.3 Mempresentasikan bagan struktur organisasi hotel menengah
3.4 Memahami bagan struktur organisasi hotel besar  4.4 Mempresentasikan bagan struktur organisasi hotel besar
 3.5  Menerapkan persyaratan pekerja di industri perhotelan  4.5 Mengaplikasikan persyaratan pekerja di industri perhotelan
 3.6  Menganalisis berkomunikasi dengan kolega  4.6  Melakukan komunikasi dengan kolega
 3.7 Menganalisis penanganan konfik  4.7 Melakukan penanganan konflik
 3.8  Menganalisis kerjasama dengan tim, dan lingkungan sosial yang berbeda  4.8 Melakukan kerjasama dengan tim dan linkungan sosial yang berbeda
 3.9 Menganalisis negosiasi dan teknik penjualan / jasa industri perhotelan  4.9 Melakukan negosiasi dan teknik penjualan / jasa industri perhotelan

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.