Komunikasi Bisnis Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Komunikasi Bisnis Kelas XII dengan 138 Jam ( 6 JP x 9 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1      Memahami ruang lingkup surat niaga dalam kegiatan bisnis 3.1      Menyajikan ruang lingkup surat niaga dalam kegiatan bisnis
3.2      Memahami  jenis-jenis surat niaga 3.2       Menyajikan jenis-jenis surat niaga
3.3      Memahami bentuk-bentuk surat yang digunakan dalam kegiatan usaha 3.3       Menyajikan  bentuk-bentuk surat yang digunakan dalam kegiatan usaha
3.4      Menganalisis ukuran kertas, jenis, dan bentuk sampul surat 3.4       Membuat  berbagai ukuran kertas, jenis dan bentuk sampul surat
3.5      Menerapkan surat permintaan dan penawaran barang 3.5       Menyusun surat permintaan dan penawaran barang menggunakan Microsoft word
3.6      Menganalisis Klausul-klausul perjanjian jual beli dalam bisnis 3.6       Membuat klausul-klausul perjanjian jual beli dan bisnis menggunakan  Microsoft word
3.7      Menerapkan  Surat Tagihan 3.7       Membuat surat tagihan menggunakan Microsoft word
3.8      Menerapkan surat Penangguhan pembayaran 3.8       Membuat surat Penangguhan pembayaran menggunakan  Microsoft word
3.9      Menerapkan prosedur pengiriman dan penerimaan surat bisnis sesuai perkembangan teknologi 3.9       Mempraktekkan prosedur pengiriman dan penerimaan surat bisnis sesuai perkembangan teknologi

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.