Komunikasi Bisnis Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Komunikasi Bisnis Kelas XI dengan 108 Jam ( 6 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1  Menerapkan proses komunikasi bisnis 3.1      Melakukan proses komunikasi dalam bisnis
3.2   Menerapkan  etika komunikasi bisnis terhadap pelanggan 3.2       Melaksanakan etika komunikasi bisnis terhadap pelanggan
3.3   Memahami bentuk dan jenis  komunikasi dalam bisnis 3.3       Menyajikan  bentuk dan jenis  komunikasi dalam bisnis
3.4   Menganalisis media yang  digunakan dalam komunikasi bisnis 3.4       Menggunakan media yang  digunakan dalam komunikasi bisnis
3.5   Menganalisis  tempat dan peralatan untuk presentasi dan demontrasi 3.5       Menentukan tempat dan peralatan untuk presentasi dan demontrasi
3.6   Memahami penampilan fisik dan mental untuk presentasi dan demontrasi produk 3.6       Menyajikan penampilan fisik dan mental untuk presentasi dan demontrasi produk
3.7   Memahami karakteristik  audience  yang dilayani 3.7       Melakukan pelayanan sesuai audience  yang dilayani
3.8   Memahami  teknik presentasi 3.8       Menyajikan  teknik presentasi
3.9   Menerapkan prosedur palaksanaan presentasi dan demontrasi produk dengan menggunakan software sesuai kebutuhan 3.9       Melakukan presentasi dan demontrasi produk dengan menggunakan software sesuai kebutuhan

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.