Kepariwisataan KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Kepariwisataan KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Jasa Pariwisata (C1)
Mata Pelajaran : Kepariwisataan
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami industri pariwisata 4.1  Mengelompokkan industri pariwisata
3.2  Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata 4.2  Mengklasifikasi  motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
3.3  Menganalisis dampak industri pariwisata 4.3  Merumuskan solusi tentang dampak industri pariwisata
3.4  Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata 4.4  Membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata
3.5  Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata 4.5  Mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan
3.6  Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional) 4.6  Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
3.7  Menganalisis potensi dan daya tarik wisata 4.7  Membuat perencanaan  daya tarik wisata
3.8  Menganalisis dokumen perjalanan 4.8  Mengelola  dokumen perjalanan
3.9  Menganalisis usaha jasa wisata 4.9  Menyusun rencana usaha jasa wisata
3.10 Menganalisis  usaha sarana wisata 4.10 Menyusun rencana usaha sarana wisata
3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata 4.11 Mengembangkan  rancangan publisitas pariwisata

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *