Kearsipan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

Kearsipan KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C2)
Mata Pelajaran : Kearsipan
Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami arsip dan kearsipan 4.1    Melakukan pengelompokkan arsip dan kearsipan
3.2    Memahami norma, standar, prosedur,  dan kaidah kearsipan 4.2    Melakukan pengelompokkan norma, standar, prosedur, dan kaidah kearsipan
3.3    Menerapkan prosedur penggunaan peralatan kearsipan 4.3    Menggunakan peralatan kearsipan
3.4    Menerapkan penanganan surat masuk 4.4    Melakukan penanganan surat masuk
3.5    Menerapkan penanganan surat keluar 4.5    Melakukan penanganan surat keluar
3.6    Menerapkan klasifikasi dan indeks arsip 4.6    Melaksanakan klasifikasi dan indeks arsip
3.7    Menerapkan penyimpanan arsip sistem abjad, kronologis, geografis, nomor, dan subjek. 4.7    Melakukan penyimpanan arsip sistem abjad, kronologis, geografis, nomor, dan subjek)
3.8    Menerapkan penggunaan arsip 4.8    Melaksanakan prosedur penggunaan arsip
3.9    Menerapkan pemeliharaan arsip 4.9    Melakukan pemeliharaan arsip
3.10  Mengevaluasi arsip dalam rangka menentukan retensi arsip 4.10  Melakukan penentuan masa retensi arsip
3.11  Menerapkan penyusutan arsip 4.11  Melakukan penyusutan arsip
3.12  Menerapkan pengelolaan arsip elektronik 4.12  Melakukan pengelolaan arsip elektronik
3.13  Mengevaluasi kegiatan pengelolaan arsip 4.13  Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan pengelolaan arsip

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *