Keamanan Pangan KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Keamanan Pangan KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C2)
Mata Pelajaran : Keamanan Pangan (Sanitasi, Higienis, dan Keselamatan Kerja)
Jam Pelajaran : 144 JP ( @45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan peraturan perundang-undangan higiene sanitasi makanan 4.1   Melakukan  penerapan peraturan perundang- undangan higiene sanitasi makanan
3.2   Menganalisis bahan pencemar terhadap makanan 4.2   Menunjukkan tindakan penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang merugikan, kerusakan, dan keracunan makanan
3.3   Menganalisis penyakit akibat kerja dan bawaan makanan 4.3   Menunjukkan tindakan penanganan terhadap pencegahan penyakit akibat kerja dan bawaan makanan
3.4   Menerapkan prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman 4.4   Melakukan prinsip penanganan hygiene dan sanitasi makanan dan minuman
3.5   Menerapkan pencucian dan penyimpanan peralatan pengolahan makanan 4.5   Melakukan teknik pencucian dan penyimpanan peralatan pengolahan makanan
3.6   Menganalisis pemeliharaan kebersihan lingkungan 4.6   Menunjukkan tindakan penanganan sampah sesuai jenisnya dan proses pengurangan kesadahan air
3.7   Menganalisis  pembersihan dan sanitasi peralatan dan ruang 4.7   Menunjukkan teknik pembersihan peralatan dan ruang kerja
3.8   Menerapkan hygiene perorangan 4.8   Melakukan penerapan personal higiene saat mengolah dan melayani makan dan tindakan terhadap kesehatan lingkungan kerja
3.9   Mengevaluasi keselamatan dan kecelakaan kerja 4.9   Memecahkan solusi tindakan pencegahan bahaya  akibat kecelakaan kerja
3.10 Mengevaluasi  penyebab kebakaran 4.10 Memecahkan solusi tindakan pencegahan terjadinya kebakaran
3.11 Mengevaluasi alat pelindung diri 4.11 Mengintegrasikan cara penggunaan alat pelindung diri saat melakukanpekerjaan

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *