Juknis Harkitnas ke-108 | Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016

Share

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 pada 20 Mei 2016 mendatang, akan dilaksanakan upacara secara nasional dengan tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata dan Berkarakter”. Peringatan Harkitnas ke-108 tahun 2016 berisi berbagai hal penting seperti tujuan, tema, logo, dan berbagai petunjuk kegiatan. Adapun tema Harkitnas 2016 adalah Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter. Pedoman Harkitnas 2016 ini merupakan lampiran II Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 570 Tahun 2016 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 Tahun 2016. Hal ini tertuang dalam surat edaran terkait penyelenggaraan upacara Peringatan Harkitnas yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

logo hari kebangkitan nasional 2016

logo hari kebangkitan nasional 2016

Berikut ini

Sambutan dari menteri komunikasi dan dan informatika RI

pada upacara bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016. Dalam sambutannya tersebut kominfo menegaskan semangat trisakti. “Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti: berclaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini lnsya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional.”

Upacara bendera memperingati 108 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2016 dilaksanakan secara serentak pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2016 oleh seluruh karyawan Kantor/Lembaga Instansi Pemerintah dan Swasta di seluruh Indonesia, seluruh Lembaga Pendidikan di semua tingkatan baik negeri maupun swasta, Kantor Lembaga Negara, serta seluruh Kantor Penrakilan RI/Kedutaan Besar yang ada di luar negeri. Adapun tata upacara bendera peringatan Harkitnas tahun 2016 adalah sesuai yang ada pada Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016 seperti di bawah ini.

Pedoman Pelaksanaan/Tata Upacara Peringatan Harkitnas Tahun 2016
1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indoneala Raya
3. Mengheningkan Cipta
4. Pembacaan Naaskah-naskah :
a. Pancasila;
b. Pembukaan UUD 1945;
c. Naskah-naskah lain yang disesuaikan dengan penyelenggaraan upacara.
5. Pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika menyambut 108 Tahun Peringatan Hari Kebangkitan Nasional oleh Inspektur Upacara.
6. Menyanyikan Lagu-lagu Perjuangan (Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa).
7. Pembacaan Do’a (do’a disusun dan dibacakan oleh masing.masing instansi penyelenggara upacara).

berikut ini

juknis lengkap pedoman peringatan hari Kebangkitan Nasional 2016


Tulisan ini dipublikasikan di info kini dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *