Instrumentasi dan Kontrol Pembangkitan Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Instrumentasi dan Kontrol Pembangkitan kelas XII 10 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

Mata Pelajaran         : Instrumentasi Dan Kontrol Pembangkitan
Kelas                      : XII
Jam Pelajaran          :340 Jam Pelajaran (10 JP x 34 minggu)

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkandiri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Keterangan:

  • Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan
  • Guru mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik
  • Evaluasi terhadap Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakterpesertadidik lebih lanjut 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.         Menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

4.       Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

  

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.1.    Menentukan sistem kendali elektro pneumatik dan hidrolik untuk kontrol pembangkit

3.2.    Menerapkan pemeliharaan  sistem kendali elektro pneumatik dan hidrolik kontrol pembangkit

3.3.    Menentukan gambar bagan pada unit pembangkit

3.4.    Menentukan parameter pengoperasian unit pembangkit berbasis sistem kontrol

3.5.    Menentukan pemeliharaan sistem kontrolpada unit pembangkit

3.6.    Menentukan pemeliharaan sistem SCADA pada unit pembangkit

3.7.    Menentukan cara pengoperasian sistem SCADA pada unit pembangkit

3.8.    Menganalisis pemasangan peralatan kontrol unit pembangkit berbasis relay

3.9.    Menganalisis pemasangan peralatan kontrol unit pembangkit berbasis PLC/SCADA

4.1.    Menggunakan sistem kendali elektro pneumatik dan hidrolik untuk kontrol pembangkit

4.2.    Memelihara  sistem kendali elektro pneumatik dan hidrolik kontrol pembangkit

4.3.    Menggambar bagan pada unit pembangkit

4.4.    Mengoperasikan parameter unit pembangkit berbasis sistem kontrol

4.5.    Memelihara sistem kontrolpada unit pembangkit

4.6.    Memelihara sistem SCADA pada unit pembangkit

4.7.    Mengoperasikan sistem SCADA pada unit pembangkit

4.8.    Memasang peralatan kontrol unit pembangkit berbasis relay

4.9.    Memasang peralatan kontrol unit pembangkit berbasis PLC/SCADA


Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.2 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik dan tag , , , , . Tandai permalink.