Instalasi Penerangan Listrik Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XII 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

KELAS : XII

Spiritual :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam melaksanakan pekerjaan instalasi penerangan listrik
Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam melaksanakan pekerjaan instalasi penerangan listrik
Sosial :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan instalasi penerangan listrik
Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikirdalam melaksanakan pekerjaan instalasi penerangan listrik
Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan instalasi penerangan listrik

Pengetahuan :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

Ketrampilan :
Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

PENGETAHUAN KETRAMPILAN
3.1.   Memahami Instalasi Penerangan 3 fasa sesuai dengan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL)

3.2.   Memahami  gambar instalasi Perlengkapan Hubung Bagi (PHB) Penerangan Bangunan Industri Kecil.

3.3.   Memahami cara menentukan jumlah bahan, tata letak dan biaya pada instalasi Perlengkapan Hubung Bagi (PHB) Bangunan Industri Kecil.

3.4.   Menjelaskan cara pemasangan komponen instalasi penerangan  tiga fasa  bangunan gedung.

3.5.   Menganalisis instalasi penerangan tiga fasa  bangunan gedung.

3.6.   Memahami Instalasi Penerangan Jalan Umum sesuai dengan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL)

3.7.   Menjelaskan cara merakit komponen Instalasi Penerangan Jalan Umum.

3.8.   Menjelaskan cara menghitung jumlah bahan,menentukan tata letak dan menghitung biaya pada instalasi Penerangan Jalan Umum

3.9.   Menganalisis instalasi penerangan Jalan Umum.

4.1.     Menerapkan Instalasi Penerangan 3 fasa sesuai dengan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL)

4.2.     Membuat gambar Perlengkapan Hubung Bagi (PHB) Penerangan Bangunan Industri Kecil.

4.1.    Menghitung jumlah bahan, tata letak dan biaya pada instalasi Perlengkapan Hubung Bagi (PHB) Bangunan Industri Kecil.

4.2.    Memasang komponen instalasi penerangan tiga fasa   bangunan gedung.

4.3.    Memeriksa instalasi penerangan  tiga fasa bangunan gedung.

4.4.    Menerapkan Instalasi Penerangan Jalan Umum sesuai dengan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL)

4.5.    Merakit  komponen Instalasi Penerangan Jalan Umum.

4.6.    Menghitung jumlah bahan, tata letak dan biaya pada instalasi Penerangan Jalan Umum

 

4.7.    Memeriksa instalasi Penerangan Jalan Umum.


Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan tag , , , , . Tandai permalink.