I P A KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Share

I P A KI dan KD Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C1)
Mata Pelajaran : I P A
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami gejala alam biotik dan abiotik 4.1   Melakukan klasifikasi  gejala alam biotik dan abiotik
3.2   Menerapkan mitigasi bencana alam 4.2   Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
3.3   Menganalisis materi dan perubahannya 4.3   Melakukan percobaan perubahan materi
3.4   Memahami komponen- komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem 4.4   Melakukan klasifikasi komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
3.5   Menganalisis keseimbangan lingkungan 4.5   Memberikan solusi  upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja
3.6   Menganalisis limbah di lingkungan sekitar 4.6   Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
3.7   Menganalisis polusi di lingkungan sekitar 4.7   Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatanmmanusia dan lingkungan
3.8   Mengevaluasi AMDAL 4.8   Membuat laporan hasil evaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
3.9   Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja 4.9   Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *