Housekeeping KI dan KD Perhotelan

Share

Housekeeping KI dan KD Perhotelan

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Perhotelan (C3)
Mata Pelajaran : Housekeeping
Jam Pelajaran : 524 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.     Menganalisis  public area section 4.1     Melakukan  pengechekan pekerjaan public area section
3.2.     Menganalisis pembersihan area kering dan basah 4.2    Melakukan pembersihan area yang kering dan basah
3.3.     Menganalisis pembersihan ruang secara manual 4.3    Melakukan pembersihan ruang secara manual
3.4.     Menganalisis pembersihan ruang secara mekanik 4.4    Melakukan pembersihan ruang secara mekanik
3.5.     Menganalisis pembersihan ruang serbaguna untuk kegiatan formal 4.5    Melakukan pembersihan ruang serbaguna untuk kegiatan formal
3.6.     Menganalisis pembersihan ruang serbaguna (function soom) untuk kegiatan non formal 4.6    Melakukan pembersihan ruang serbaguna untuk kegiatan non formal
3.7.     Menganalisis tanaman untuk penataan in door garden 4.7    Melakukan identifikasi tanaman untuk penataan in door garden
3.8.     Menganalisis tanaman untuk penataan out door garden 4.8    Melakukan identifikasi tanaman untuk penataan out door garden
3.9.     Menganalisis penataan in door garden 4.9    Melakukan penataan in door garden
3.10.   Menganalisis penataan out door garden 4.10  Melakukan penataan out door garden
3.11.   Menganalisis rangkaian bunga untuk center point 4.11  Merangkai bunga untuk center point
3.12.   Menganalisis rangkaian bunga untuk penataan sudut. 4.12  Merangkai bunga untuk penataan sudut ruangan
3.13.   Menganalisis room section 4.13  Melakukan pengechekan pekerjaan room section
3.14.   Menganalisis proses penataan tempat tidur (making the bed) 4.14  Melakukan penataan tempat tidur (making the bed)
3.15.   Menganalisis pembersihan dan penataan kamar mandi (bathroom) 4.15  Melakukan pembersihan dan penataan kamar mandi (bathroom)
3.16.   Menganalisis pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) 4.16  Melakukan pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room )
3.17.   Menganalisis pelayanan turn down service 4.17  Melakukan pelayanan turn down service
3.18.   Menganalisis layanan housekeeping kepada tamu 4.18  Melakukan layanan housekeeping kepada tamu
3.19.   Mengevaluasi jasa valet 4.19  Melakukan jasa valet
3.20.   Mengevaluasi kehilangan dan temuan barang tamu (lost and found) 4.20  Menangani kehilangan dan temuan barang tamu (lost and found)

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *