Hidrolik Unit Alat Berat Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Hidrolik Unit Alat Berat kelas XI 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Alat Berat Program Keahlian Teknik Otomotif Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEKNIK ALAT BERAT SMK/MAK
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : HIDROLIK UNIT ALAT BERAT
KELAS : XI
JUMLAH JAM : 144 jp ( 4 X 36 minggu efektif )
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menjelaskan  dasar system hidraulic 4.1    Menggunakan dasar sistem hydraulic
3.2   Menjelaskan cara kerja sistem hidraulik 4.2    Merawat sistem hydraulic
3.3   Menjelaskan symbol – symbol hidraulik

 

4.3    Menggunakan simbol-simbol untuk perawatan pada sistim hidraulik
3.4   Menjelaskan fungsi komponen pada sistem hidraulik

 

4.4    Merawat pada komponen system hidraulic
3.5   Menjelaskan cara kerja komponen pada system hidraulic 4.5    Merawat cara kerja komponen pada system hydraulic
3.6   Menjelaskan sirkuit hidraulic 4.6    Merawat sirkuit hydraulic.
3.7   Mendiaganosa jenis-jenis kerusakan pada sistem hidraulik

 

4.7    Merawat jenis-jenis kerusakan pada sistem hidraulik
3.8   Menentukan jenis perbaikan yang tepat pada kerusakan sistem hidraulik 4.8    Merawat jenis perbaikan yang tepat pada kerusakan sistem hidraulik
3.9   Menentukan pengujian pada sistem hidraulik 4.9    Melakuan pengujian pada sistem hidraulik

Tulisan ini dipublikasikan di 1.15 Teknik Otomotif, 1.15.3. Teknik Alat Berat dan tag , , , , . Tandai permalink.