KI dan KD mata pelajaran Gardu Induk kelas XI 6 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Jaringan Tenaga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Ketenagalistrikan
Paket Keahlian : Teknik Jaringan Tenaga Listrik
Mata Pelajaran : Gardu Induk(C3)
Kelas : XI
Jam Pelajaran : 6 Jam Pelajaran/ Minggu
KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL) |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya |
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL) |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsifdan pro-aktifdan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alamserta dalammenempatkandiri sebagai cerminanbangsadalam pergaulan dunia |
Keterangan:
- Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan
- Guru mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik
- Evaluasi terhadap Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakterpesertadidik lebih lanjut
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1. Menganalisis gardu induk dalam sistem tenaga listrik | 4.1. Melakukan identifikasi jenis gardu induk dalam sistem tenaga listrik |
3.2. Menganalisis perlengkapan gardu induk sesuai jenisnya. | 4.2. Memeriksa perlengkapan gardu induk sesuai jenisnya |
3.3. Menganalisis lighting arrester | 4.3. Memeriksa kondisi lighning arrester |
3.4. Menganalisis transformator tenaga | 4.4. Memeriksa kondisi transformator tenaga |
3.5. Menganalisis transformator instrument | 4.5. Memeriksa kondisi transformator instrumen |
3.6. Menganalisis sakelar pemisah, sakelar pemutus tenaga dan sakelar pentanahan. | 4.6. Memeriksa kondisi sakelar pemisah tegangan, sakelar pemutu tenaga dan sakelar pentanahan |
3.7. Menganalisis kompensator | 4.7. Memeriksa kondisi kompensator |
3.8. Menganalisis proteksi gardu induk | 4.8. Memeriksa sistem proteksi gardu induk |
3.9. Menerapkan pengoperasian gardu induk | 4.9 Mengoperasikan gardu induk |