Gambar Teknik Kelas X KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Gambar Teknik kelas X 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C2 Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
C2.  Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik; Teknik Pengukuran Tanah; Gambar Teknik;Dasar-dasar Konstruksi

C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar (XI, XII, XIII), Konstruksi Jalan dan Jembatan (XI, XII, XIII), Konstruksi Gedung (XI, XII, XIII), Interior Gedung (XI, XII, XIII), Rencana Anggaran Biaya (XI, XII, XIII), Pengembangan Produk Kreatif (XI, XII, XIII)
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Mata Pelajaran : Gambar Teknik
Kelas : X
Jumlah Jam : 4 Jam Pelajaran per Minggu

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1     Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan garis-garis gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda

1.2     Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda

2.  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 2.1      Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi

2.2      Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi.

2.3      Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas  menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi

3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 3.1.    Memilih peralatan dan kelengkapan gambar teknik berdasarkan fungsi dan cara penggunaan

3.2.    Membedakan garis-garis gambar teknik berdasarkan bentuk dan fungsi garis

3.3.    Mengklasifikasi huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan

3.4.    Mengelompokkan gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur

3.5.    Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D) berdasarkan aturan gambar proyeksi

3.6.    Mengintegrasikan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D) berdasarkan aturan gambar proyeksi

3.7.    Menggunakan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan  sesuai konsep dan prosedur gambar potongan

3.8.    Memprediksi penerapan jenis gambar potongan berdasarkan jenis potongan sesuai aturan potongan dalam satu bidang, lebih dari satu bidang,  setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan melintang

3.9.    Mengkonsep penyajian bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik

3.10. Menggunakan aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar berdasarkan komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran

3.11. Memprediksi dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar

3.12. Mengkonsep sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus  berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung 4.1      Menggunakan peralatan dan kelengkapan gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur penggunaan

4.2      Menyajikan garis-garis gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis

4.3      Merancang huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan

4.4      Menyajikan gambar konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi sesuai prosedur

4.5      Menyajikan gambar benda 3D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi piktorial

4.6      Menyajikan gambar benda 2D secara gambar sketsa dan gambar rapi, sesuai aturan proyeksi orthogonal

4.7      Menyajikan gambar potongan sesuai tanda pemotongan dan aturan tata letak hasil gambar potongan

4.8      Menalar penerapan jenis gambar potongan berdasarkan jenis potongan sesuai aturan potongan dalam satu bidang, lebih dari satu bidang,  setengah, setempat, diputar, berurutan, dan potongan melintang

4.9      Menyajikan bidang benda yang tidak boleh dipotong sesuai prinsip gambar teknik

4.10   Menyajikan  komponen garis ukuran, garis bantu ukuran, batas ukuran, angka dan simbol ukuran sesuai aturan tanda ukuran dan peletakan ukuran gambar teknik

4.11   Menalar penerapan dasar pembuatan ukuran sesuai bagian yang berfungsi dan pandangan utama gambar teknik

4.12   Mengolah penerapan sistem pemberian ukuran berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat, dan ukuran khusus  berdasarkan posisi, referensi dan kebutuhan ukuran langkah pengerjaan benda


Tulisan ini dipublikasikan di 1.1.1 Teknik Gambar Sipil Arsitektur dan tag , , , , . Tandai permalink.