Front Office KI dan KD Perhotelan

Share

Front Office KI dan KD Perhotelan

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Perhotelan (C3)
Mata Pelajaran : Front Office
Jam Pelajaran : 558 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.     Menerapkan operator telepon 4.1    Melakukan pekerjaan operator telepon
3.2.     Menerapkan telepon masuk 4.2    Menjawab telepon masuk
3.3.     Menerapkan tata cara membuat panggilan telepon 4.3    Membuat panggilan telepon
3.4.     Menganalisis bagian reservasi 4.4    Melakukan pekerjaan  bagian reservasi
3.5.     Menerapkan penanganan reservasi individu 4.5    Melakukan penanganan reservasi individu
3.6.     Menerapkan penanganan reservasi rombongan 4.6    Melakukan penanganan reservasi rombongan
3.7.     Menganalisis pembaharuan reservasi 4.7    Melakukan pembaharuan reservasi
3.8.     Menerapkan laporan reservasi 4.8    Membuat  laporan reservasi
3.9.     Menerapkanlayanan concierge 4.9    Melakukan layanan concierge
3.10.   Menganalisis  penanganan barang bawaan tamu 4.10  Melakukan penanganan barang bawaan tamu
3.11.   Menganalisis penanganan kedatangan dan keberangkatan Tamu 4.11  Melakukan penanganan kedatangan dan keberangkatan tamu
3.12.   Menerapkan penanganan permintaan atas layanan belldesk 4.12  Melakukan penanganan permintaan atas layanan bell desk
3.13.   Menerapkan layanan reception 4.13  Melakukan layanan reception
3.14.   Menerapkan penanganan check in tamu individu 4.14  Melakukan penanganan check in untuk tamu individu
3.15.   Menerapkan  penanganan check out tamu individu 4.15  Melakukan penanganan check out tamu individu
3.16.   Menerapkan penanganan check in tamu rombongan 4.16  Melakukan penanganan check out tamu  rombongan
3.17.   Menerapkan penanganan check out tamu rombongan 4.17  Melakukan penanganan check out tamu rombongan
3.18.   Menerapkan transaksi keuangan 4.18  Memproses transaksi keuangan
3.19.   Menganalisis  catatan dan laporan front office 4.19  Melakukan pencatanan dan laporan front office

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *