Front Office Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) FRONT OFFICE Kelas XII dengan 384 jp (12 jp X 32 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Memahami ruang lingkup concierge  4.1 Mempresentasikan ruang lingkup concierge
3.2  Menganalisis layanan concierge tamu ndividu check-in 4.2 Melakukan layanan concierge untuk check- in tamu individu
3.3  Menganalisis layanan concierge tamu group/rombongan  check – in  4.3 Melakukan layanan concierge untuk check- in tamu group/rombongan  
3.4 Menganalisis layanan concierge tamu individu check – out 4.4   Melakukan layanan concierge untuk check- out tamu individu
3.5 Menganalisis layanan concierge tamu group/rombongan  check- out 4.5 Melakukan layanan concierge untuk check- out tamu group/rombongan  
3.6  Menganalisis layanan informasi didalam dan di luar hotel  4.6 Melakukan layanan  informasi di dalam dan di luar hotel
 3.7  Menganalisis penanganan check-in tamu individu  4.7  Melakukan penanganan check-in untuk tamu individu
 3.8  Menganalisis penanganan check-out  tamu individu  4.8  Melakukan penanganan check-out untuk tamu individu
 3.9 Menganalisis penanganan check-in tamu group/rombongan  4.9 Melakukan penanganan check-in untuk tamu group/rombongan
 3.10  Menganalisis penanganan check-out tamu group/rombongan  4.10 Melakukan penanganan check-out untuk  tamu group/rombongan
 3.11  Menganalisis transaksi keuangan  4.11 Memproses transaksi keuangan

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.