Front Office Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) FRONT OFFICE Kelas XI dengan 360 jp (10 jp X 36 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1      Memahami ruang lingkup telepon operator  4.1 Mempresentasikan ruang lingkup telepon operator
3.1          Menganalisis sambungan telepon yang masuk 4.2 Menerima dan menyambungkan telepon yang masuk
3.2          Menganalisis panggilan telepon keluar hotel 4.3 Melakukan panggilan telepon ke luar hotel
3.3       Memahami ruang lingkup reservation 4.3 Mempresentasikan ruang lingkup reservation
3.3          Menganalisis penanganan reservasi individu secara lisan melakui telepon, dan  secara langsung 4.4 Melakukan penanganan reservasi individu secara lisan melakui telepon, dan secara langsung
3.4          Menganalisis penanganan reservasi individu secara tulisan melalui Fax, Email, dan Surat 4.5  Melakukan penanganan reservasi individu secara tulisan melalui Fax, Email, dan Surat
3.5          Menganalisis penanganan reservasi rombongan secara lisan melakui telepon, dan  secara langsung 4.6   Melakukan penanganan reservasi rombongan secara lisan melalui telepon, dan  secara langsung
3.6          Menganalisis penanganan reservasi rombongan secara tulisan melalui Fax, Email, dan Surat 4.7  Menganalisis penanganan reservasi rombongan secara tulisan melalui Fax, Email, dan Surat
3.7          Menganalisis pembaharuan reservasi 4.8  Melakukan penanganan pembaharuan reservasi
3.8          Menganalisis pembatalan reservasi 4.9 Melakukan penanganan pembatalan reservasi

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.