FLS2N 2016 SMK Negeri 1 Metro Juara 2 Musik Daerah

Share

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Lampung ditutup di Hotel Nusantara, Bandar Lampung 10 -12 Agustus. Wakil SMK Negeri 1 Metro meraih juara 2 dalam cabang musik daerah.

FL2SN Lampung

FL2SN Lampung

FLS2N SMK merupakan program tahunan Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan maupun mengapresiasi kegiatan seni dan budaya, hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 khususnya pasal 37 ayat (1) yang menyatakan bahwa “Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat: pendidikan agama; pendidikan kewarganegaraan; bahasa; matematika; ilmu pengetahuan alam; ilmu pengetahuan sosial; seni dan budaya; pendidikan jasmani dan olahraga; keterampilan/kejuruan; dan muatan lokal. Mengingat Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai berbagai bidang keahlian, maka khusus untuk FLS2N Tahun 2016 akan memberikan penghargaan secara tersendiri kepada peserta yang berlatar belakang Bidang Keahlian Seni Pertunjukan dan Bidang Keahlian Non Seni Pertunjukan. Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni.

“agenda rutin kami yang masuk mata pelajaran seni budaya, sehingga para siswa SMK Negeri 1 Metro berlatih secara rutin untuk melestarikan budaya daerah Lampung khusunya musik tradisionalnya” ungkap Susanto, pengampu Mata Pelajaran Seni budaya SMK Negeri 1 Metro.

5 orang siswa tim musik daerah SMK Negeri 1 Metro adalah Dwiki Nur Fitriansyah (kelas XI AK2) sebagai melodi talobalak 1; Ahmad Ardiansyah (kelas XI A2) sebagai pemain (gendang); Ramadani pemain (dhog dhog); Hamzah Fansuri (kelas XII AP2) pemain (gong) dan M. Tri Rahardika pemain (rytem talobala 2).

Berikut daftar pemenang FLS2N SMK 2016 Tingkat Provinsi Lampung:

Tari Tradisional:
Juara I: SMK Muhammadiyah Kotaagung, Tanggamus
Juara II: SMK Budi Utomo Way Jepara, Lampung Timur
Juara III: SMKN 2 Metro

Teater:
Juara I: SMKN 1 Tulangbawang Tengah. Kabupaten Tulangbawang Barat
Juara II: SMKN 1 Liwa, Lampung Barat
Juara III: SMKN 1 Candipuro, Lampung Selatan

Musik Daerah:
Juara I: SMKN 1 Buay Bahuga, Way Kanan
Juara II: SMKN 1 Metro
Juara III: SMA Muhammadiyah Pringsewu

Vocal Group:
Juara I: SMKN 2 Metro
Juara II: SMKN Rawajitu Selatan, Tulangbawang
Juara III: SMKN Way Tenong, Lampung Barat

Menyanyi Solo (Solo Song):
Juara I: Riyan Agustian, SMK Muhammadiyah Kotaagung, Tanggamus
Juara II: Mutiara Kusuma Wardani, SMK Pelita, Gedongtaan, Kabupaten Pesawaran
Juara III: Melinia Febriyanti, SMKN Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat


Tulisan ini dipublikasikan di PRESTASI dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *