Etika Profesi KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Share

Etika Profesi KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian: Akuntansi dan Keuangan Lembaga (C2)
Mata Pelajaran : Etika Profesi
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Perbankan dan Keuangan Mikro pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Perbankan dan Keuangan Mikro. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami  entitas yang termasuk dalam sektor industri jasa keuangan dan bidang-bidang usaha serta jenis-jenis kepemilikannya. 4.1   Melakukan pengelompokan entitas yang termasuk dalam sektor industri jasa keuangan dan bidang-bidang usaha serta jenis-jenis kepemilikannya
3.2   Memahami pedoman, prosedur dan aturan berkaitan dengan industry jasa keuangan dan profesi-profesi yang ada dalam industry jasa keuangan 4.2   Melakukan identifikasi pedoman, prosedur dan aturan yang berkaitan dengan industry jasa keuangan dan profesi-profesi yang ada dalam industry jasa keuangan
3.3   Menerapkan etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.3   Melakukan pengecekan  etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan dalam pelaksanaan pekerjaan
3.4   Menganalisis kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.4   Melakukan identifikasi kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan
3.5   Menganalisis faktor resiko kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.5   Melakukan penanganan terhadap faktor resiko bahaya/ kecelakaan kerja untuk mencegah kecelakaan dalam bekerja
3.6   Menganalisis kesehatan di lingkungan kerja 4.6   Melakukan pengecekan kesehatan di lingkungan kerja
3.7   Menganalisis  penyakit akibat kerja 4.7   Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja
3.8   Menerapkan komunikasi bisnis 4.8  Melakukan komunikasi bisnis
3.9   Menganalisis kendala-kendala komunikasi bisnis 4.9   Memberikan  solusi dalam mengatasi kendala komunikasi bisnis

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *