Ekonomi Bisnis KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Share

Ekonomi Bisnis KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2017

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C1)
Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4
3.1   Menerapkan ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha 4.1   Menggunakan konsep ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha
3.2   Mengevaluasi masalah–masalah ekonomi 4.2   Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi dilingkungannya
3.3   Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya dengan kebutuhan manusia) 4.3   Memberikan solusi masalah kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia dilingkungannya
3.4   Menerapkan  Model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi 4.4   Menentukan model,  pelaku ekonomi,  perilaku konsumen dan produsen yang sesuai tuntutan perkembangan usaha
3.5   Menerapkan  hukum permintaan, penawaran, konsep elastisitas dan harga keseimbangan  pasar 4.5   Menentukan  tingkat elastisitas permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan pasar suatu produk
3.6   Menerapkan perhitungan biaya produksi dan keuntungan (teori biaya) 4.6   Melakukan perhitungan kelayakan  usaha
3.7   Memahami  pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly 4.7   Melakukan pengelompokkan pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
3.8   Menganalisis  bentuk-bentuk badan usaha 4.8   Memilih   bentuk-badan usaha yang sesuai dengan sistem ekonomi  nasional
3.9   Menganalisis rencana usaha kecil dan menengah 4.9   Membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
3.10 Memahami Lembaga Keuangan 4.10 Melakukan klasifikasi berbagai lembaga keuangan milik  pemerintah dan swasta sesuai perkembangannya
3.11 Memahami   hak dan kewajiban tenaga kerja berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan. 4.11 Melakukan pengelompokkan hak dan kewajiban tenaga kerja di lingkungan kerja.
3.12 Menerapkan  dokumen perdagangan dalam dan luar negeri 4.12 Membuat kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam lalulintas perdagangan dalam dan luar negeri

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *