Desain Grafis Kelas X KI dan KD SMK K2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Desain Grafis Kelas X 7 jam/minggu Dasar Program Keahlian C2 Paket Keahlian Multimedia Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS: X
Jumlah Jam Pelajaran : 126 JP ( 7 JP x 18 Minggu Efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1.      Membuat unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
3.2     Mengidentifikasi fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2.      Menyajikan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
3.3     Memahami prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3.      Menyajikan hasil penerapan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
3.4     Memahami berbagai format gambar 4.4.      Menyajikan berbagi format gambar
3.5     Memahami proses scan gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5.      Melakukan proses scan gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
3.6     Memahami  perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6.      Menggunakan  perangkat lunak pengolah gambar vektor
3.7     Menerapkan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 4.7.      Mempraktekan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
3.8     Memahami pembuatan desain berbasis gambar vektor 4.8.      Membuat desain berbasis gambar vektor
3.9     Memahami perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 4.9.      Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.10   Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek 4.10.    Mempraktekan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.11   Memahami pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster) 4.11.    Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.12   Memahami penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 4.12.    Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

Tulisan ini dipublikasikan di 2. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2.1 Teknik Komputer dan Informatika dan tag , , , , , . Tandai permalink.