Dasar-Dasar Perhitungan Survey Dan Pemetaan Kelas X KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Dasar-Dasar Perhitungan Survey Dan Pemetaan kelas X 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C2 Paket Keahlian Teknik Geomatika Program Keahlian Teknik Geomatika Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
DASAR-DASAR PERHITUNGAN SURVEY DAN PEMETAAN
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.   Memahami pekerjaan survei dan pemetaan 4.1    Melakukan klasifikasi pekerjaan survei dan pemetaan
3.2.   Menerapkan rumus-rumus dasar  pekerjaan survei dan pemetaan

 

4.2    Menggunakan rumus-rumus dasar  pekerjaan survei dan pemetaan
3.3.   Menerapkan satuan dan besaran yang digunakan pada survey dan pemetaan 4.3    Melakukan konversi satuan dan besaran yang digunakan pada survey dan pemetaan
3.4.   Menganalisis buku ukur

 

4.4    Menggunakan buku ukur sesuai dengan jenis pengukuran
3.5.   Menerapkan Microsoft excel 4.5    Mengoperasikan program Microsoft excel
3.6.   Menerapkan perhitungan dasar pekerjaan survey dan pemetaan menggunakan Microsoft excel 4.6    Melakukan perhitungan dasar pekerjaan survey dan pemetaan menggunakan Microsoft excel
3.7.   Menerapkan program AutoCad 4.7    Mengoperasikan AutoCad
3.8.   Menerapkan pembuatan gambar dengan autocad

 

4.8    Menggambar hasil pekerjaan dasar survey dan pemetaan menggunakan Autocad
3.9.   Menerapkan pembuatan laporan hasil pengumpulan data 4.9    Melakukan pembuatan laporan hasil pengumpulan data

Tulisan ini dipublikasikan di 1.2 Teknik Geomatika, 1.2.1 Teknik Geomatika dan tag , , , , . Tandai permalink.