Boga Dasar KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Boga Dasar KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C2)
Mata Pelajaran : Boga Dasar
Jam Pelajaran : 180 JP ( @45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan pemilihan dan penggunaan peralatan pengolahan makanan 4.1     Mengoperasikan peralatan pengolahan makanan
3.2   Menerapkan berbagai penanganan metode dasar pengolahan makanan 4.2     Melakukan penanganan metode dasar pengolahan makanan
3.3   Menerapkan  teknik potongan bahan makanan 4.3     Melakukan teknik potongan bahan makanan
3.4   Menerapkan  berbagai teknik pengolahan makanan 4.4     Melakukan berbagai  teknik pengolahan makanan
3.5   Menganalisis bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia 4.5     Menunjukkan teknik pembuatan bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia
3.6   Menganalisis bentuk wadah hidangan dari sayur dan buah 4.6     Menampilkan berbagai bentuk wadah hidangan dari sayuran dan buah
3.7   Menganalisis  lipatan daun dan alas hidangan 4.7     Menampilkan lipatan daun dan alas   hidangan
3.8  Menerapkan garnish makanan dan minuman 4.8     Melakukan pembuatan garnish makanan dan minuman
3.9   Menganalisis makanan pelengkap 4.9     Menunjukkan cara pembuatan makanan pelengkap
3.10 Menganalisis berbagai sambal. 4.10   Menunjukkan jenis sambal dan pengembangannya

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.3 Tata Boga dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *