Binatu Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) BINATU Kelas XII dengan 160 jp (5 jp X 32 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menganalisis penanganan permintaan cucian tamu (order taker,valet) 4.1 Melakukan penanganan permintaan cucian tamu (order taker,valet)
3.2 Menganalisis penanganan khusus pada pakaian tamu 4.2 Melakukan penanganan khusus pada pakaian tamu
3.3 Menganalisis pencucian pakaian tamu secara basah dengan sistem manual (mulai dari pemeriksaan, penandaan,pembasahan, pencucian, pembilasan,pemerasan,pengeringan , penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan) 4.3 Melakukan pencucian pakaian tamu secara basah dengan sistem manual (mulai dari pemeriksaan, penandaan,pembasahan, pencucian, pembilasan,pemerasan,pengeringan , penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan)
3.4 Menganalisis pencucian pakaian tamu secara basah dengan sistem makinal (mulai dari pemeriksaan, penandaan,pembasahan, pencucian, pembilasan,pemerasan,pengeringan , penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan) 4.4 Melakukan pencucian pakaian tamu secara basah dengan sistem makinal (mulai dari pemeriksaan, penandaan,pembasahan, pencucian, pembilasan,pemerasan,pengeringan , penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan)
3.5 Menganalisis pencucian pakaian tamu secara kering / dry cleaning ( mulai dari pemeriksaan, penandaan , pencucian secara kering, penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan) 4.5 Melakukan pencucian pakaian tamu secara kering / dry cleaning ( mulai dari pemeriksaan, penandaan , pencucian secara kering, penyetrikaan, pelipatan, dan pengemasan)
3.6 Mengevaluasi harga cucian tamu 4.6 Menghitung harga cucian tamu
3.7 Menganalisis penanganan pengantaran cucian tamu ke kamar 4.7 Melakukan penanganan pengantaran cucian tamu ke kamar
 3.8 Menganalisis pencucian uniform hotel yang memiliki tingkat kotor ringan 4.8  Melakukan pencucian uniform hotel yang memiliki tingkat kotor ringan)
3.9 Menganalisis pencucian uniform hotel yang memiliki tingkat kotor / berat 4.9 Melakukan pencucian uniform hotel yang memiliki tingkat kotor berat

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.