Binatu Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) BINATU Kelas XI dengan 144 jp (4 jp X 36 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi karakteristik serat kain pada pakaian tamu, uniform dan linen hotel 4.1          Melakukan identifikasi karakteristik serat kain pada pakaian tamu, uniform dan linen hotel
3.2 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami  sesuai dengan karakteristik noda pada pakaian tamu 4.2          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami sesuai dengan karakteristik noda pada pakaian tamu
3.3 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami  sesuai dengan karakteristik noda pada uniform 4.3          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami sesuai dengan karakteristik noda pada uniform
3.4 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami  sesuai dengan karakteristik noda pada  linen hotel 4.4          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan alami sesuai dengan karakteristik noda pada  linen hotel
3.5 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada pakaian tamu 4.5          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada pakaian tamu
3.6 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada uniform 4.6          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada uniform
3.7 Menganalisis pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada linen hotel 4.7          Melakukan pemilihan dan penggunaan bahan penghilang noda dari bahan kimia sesuai dengan karakteristik noda pada linen hotel
 3.8  Menganalisis penanganan khusus pencucian pada linen hotel (stach dan repair) 4.8          Melakukan penanganan khusus pencucian pada linen hotel (stach dan repair)
3.9 Menganalisis pencucian linen hotel (pencucian,penyetrikaan, pelipatan, dan penyimpanan) 4.9          Melakukan pencucian linen hotel (pencucian,penyetrikaan, pelipatan, dan penyimpanan)
3.10 Mengevaluasi inventaris linen hotel 4.10    Menghitung inventaris linen hotel

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.