Basis Data Kelas XI KI dan KD SMK K2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Basis Data Kelas XI 6 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas : XI
Jumlah Jam Pelajaran : 216 Jam Pelajaran (6 jp x (18 + 18) Minggu Efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETRAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan Metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1        Memahami data, basis data dan layanan basisdata. 4.1.    Menyajikan data, basis data dan layanan basisdata.
3.2        Memahami tipe data, record, tabel dan data field. 4.2.    Mengolah tipe data, record, tabel dan data field.
3.3        Memahami kelompok perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basisdata. 4.3.    Mengkategorikan perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basisdata.
3.4        Menerapkan bahasa SQL dasar untuk membuat basisdata dan tabel data. 4.4.    Menggunakan bahasa SQL dasar untuk membuat basisdata dan tabel data.
3.5        Menerapkan bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel data dalam layanan basisdata. 4.5.    Menggunakan bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel data dalam layanan basisdata.
3.6        Menerapkan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi tabel data dalam layanan basisdata. 4.6.    Menggunakan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi tabel data dalam layanan basisdata.
3.7        Menerapkan  agregasi dalam layanan basisdata. 4.7.    Menggunakan perintah  agregasi dalam layanan basisdata.
3.8        Menerapkan index dalam layanan basisdata. 4.8.    Membuat index dalam layanan basisdata.
3.9        Menerapkan penggunaan SQL bertingkat dalam layanan basisdata 4.9.    Menggunakan perintah SQL bertingkat dalam layanan basisdata
3.10     Menerapkan penggunaan SQL untuk mengakses multitable. 4.10. Menyajikan penggunaan SQL untuk mengakses multitable.

Tulisan ini dipublikasikan di 2. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2.1 Teknik Komputer dan Informatika dan tag , , , , . Tandai permalink.